Satlan BK
Rencana
Program
Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling
Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling
1.
Tugas Perkembangan :
a. Untuk
mengembangkan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhannya
b. Untuk
mengikuti dan melanjutkan pendidikan
c. Untuk
mempersiapkan karir peserta didik
2.
Rumusan kompetensi :
a. Mampu
belajar secara optimal sehingga dapat menguasai pelajaran lebih lanjut
b. Mampu
mengembangkan persiapan karir
c. Mampu
belajar dalam kehidupan bermasyarakat
3.
Materi layanan :
a.
Mampu memiliki kemampuan untuk
mengembangkan karir peserta didik
4.
Sub. Materi layanan :
Motivasi dan Minat Belajar
5.
Bidang bimbingan :
Bimbingan belajar
6.
Jenis layanan :
Bimbingan kelompok dan layanan informasi
7.
Fungsi layanan :
Pemahaman dan pemeliharaan
8.
Tujuan layanan :
Siswa dapat memiliki
motivasi belajar dalam mengikuti kegiatan bimbingan belajar sehingga siswa
dapat mengembangkan minat dalam belajarnya
9.
Sasaran layanan :
Siswa kelas XII
10.
Semester/waktu :
Ganjil/45 menit
11.
Uraian kegiatan :
a.
Kegiatan 1 :
a)
Guru pembimbing mengabsen siswa
b)
Guru pembimbing menyiapkan siswa untuk
mendapatkan layanan informasi
c)
Guru pembimbing menyampaikan tentang
motivasi dan minat belajar
d)
Guru pembimbing menayangkan satu video
tentang motivasi
b.
Kegiatan 2 :
a)
Setelah mendapatkan layanan informasi,
guru pembimbing menyiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
b)
Guru pembimbing menjelaskan jalan
diskusi bimbingan kelompok
c)
Salah seorang siswa menyampaikan apa
yang dikeluhkan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar
d)
Anggota kelompok yang lain menanggapi
masalah yang dikeluhkan tersebut secara bergantian
e)
Guru pembimbing menyampaikan kesimpulan
dari hasil diskusi
c.
Kegiatan 3 :
a)
Guru pembimbing member kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapat dari hasil kegiatan
b)
Siswa menyampaikan pendapatnya tentang
apa yang dia dapat selama mengikuti kegiatan
c)
Berdasarkan penjelasan guru pembimbing,
siswa membuat komitmen melalui tiga tahap
1.
Rencana jangka pendek (japen)
2.
Rencana jangka menengah (jamen)
3.
Rencana jangka panjang (japan)
12.
Nilai-nilai yang harus dikembangkan
dalam materi
a. Memahami
tentang kelemahan dan kekuatan diri yang memicu motivasi dalam mengikuti
kegiatan belajar mengajar
b. Memahami
bahwa motivasi tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri serta memahami
kemampuan yang dimilikinya
13.
Pengembangan diri :
a.
Memiliki motivasi belajar yang tinggi
terutama dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
b.
Mengembangkan prestasi belajar yang
dimilikinya
14.
Sumber belajar :
a.
Data nilai siswa
b.
Hasil diskusi dengan guru kelas
c.
Buku
d.
Internet
15.
Metode :
Diskusi kelompok
16.
Tempat :
Ruang Aula
17.
Penyelenggara : Guru pembimbing
18.
Pihak yang terkait :
a.
Kepala sekolah
b.
Wali kelas
c.
Orang tua
19.
Penilaian/unsur yang dinilai :
a.
Pemahaman materi
b.
Sharing perasaan yang dialami setelah
mengikuti kegiatan layanan
c.
Hasil diskusi dan tugas-tugas yang
dikerjakan siswa
Tugas yang dikerjakan
siswa :
-
Tuliskan apa pendapatmu setelah
mendapatkan layanan informasi dan mengikuti kegiatan bimbingan kelompok ini?
20.
Tindak lanjut :
Layanan konseling
individu bagi siswa yang belum dapat perubahan positif setelah mengikuti
kegiatan ini
21.
Catatan khusus :
Hal-hal yang penting
yang terjadi selama proses kegiatan sehingga dapat menjadi perhatian bagi
pembimbing untuk langkag selanjutnya
Mengetahui
Tarakan,
31 Oktober 2013
Kepala
Sekolah Guru
BK
_____________ ___________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar