Sabtu, 08 Maret 2014

Satlan BK




Rencana Program
Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling

1.        Tugas Perkembangan                   :
a.       Untuk mengembangkan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhannya
b.      Untuk mengikuti dan melanjutkan pendidikan
c.       Untuk mempersiapkan karir peserta didik
2.        Rumusan kompetensi                   :
a.       Mampu belajar secara optimal sehingga dapat menguasai pelajaran lebih lanjut
b.      Mampu mengembangkan persiapan karir
c.       Mampu belajar dalam kehidupan bermasyarakat
3.        Materi layanan                             :
a.       Mampu memiliki kemampuan untuk mengembangkan karir peserta didik
4.        Sub. Materi layanan                     : Motivasi dan Minat Belajar
5.        Bidang bimbingan                        : Bimbingan belajar
6.        Jenis layanan                                : Bimbingan kelompok dan layanan informasi
7.        Fungsi layanan                             : Pemahaman dan pemeliharaan

8.        Tujuan layanan                             :
Siswa dapat memiliki motivasi belajar dalam mengikuti kegiatan bimbingan belajar sehingga siswa dapat mengembangkan minat dalam belajarnya
9.        Sasaran layanan                            : Siswa kelas XII
10.    Semester/waktu                            : Ganjil/45 menit
11.    Uraian kegiatan                            :
a.       Kegiatan 1      :
a)      Guru pembimbing mengabsen siswa
b)      Guru pembimbing menyiapkan siswa untuk mendapatkan layanan informasi
c)      Guru pembimbing menyampaikan tentang motivasi dan minat belajar
d)     Guru pembimbing menayangkan satu video tentang motivasi
b.      Kegiatan 2      :
a)      Setelah mendapatkan layanan informasi, guru pembimbing menyiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
b)      Guru pembimbing menjelaskan jalan diskusi bimbingan kelompok
c)      Salah seorang siswa menyampaikan apa yang dikeluhkan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar
d)     Anggota kelompok yang lain menanggapi masalah yang dikeluhkan tersebut secara bergantian
e)      Guru pembimbing menyampaikan kesimpulan dari hasil diskusi
c.       Kegiatan 3      :
a)      Guru pembimbing member kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat dari hasil kegiatan
b)      Siswa menyampaikan pendapatnya tentang apa yang dia dapat selama mengikuti kegiatan
c)      Berdasarkan penjelasan guru pembimbing, siswa membuat komitmen melalui tiga tahap
1.      Rencana jangka pendek (japen)
2.      Rencana jangka menengah (jamen)
3.      Rencana jangka panjang (japan)
12.    Nilai-nilai yang harus dikembangkan dalam materi
a.       Memahami tentang kelemahan dan kekuatan diri yang memicu motivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
b.      Memahami bahwa motivasi tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri serta memahami kemampuan yang dimilikinya
13.    Pengembangan diri                      :
a.       Memiliki motivasi belajar yang tinggi terutama dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
b.      Mengembangkan prestasi belajar yang dimilikinya
14.    Sumber belajar                 :
a.       Data nilai siswa
b.      Hasil diskusi dengan guru kelas
c.       Buku
d.      Internet
15.    Metode                                         : Diskusi kelompok
16.    Tempat                                         : Ruang Aula
17.    Penyelenggara                              : Guru pembimbing
18.    Pihak yang terkait                        :
a.       Kepala sekolah
b.      Wali kelas
c.       Orang tua
19.    Penilaian/unsur yang dinilai         :
a.       Pemahaman materi
b.      Sharing perasaan yang dialami setelah mengikuti kegiatan layanan
c.       Hasil diskusi dan tugas-tugas yang dikerjakan siswa
Tugas yang dikerjakan siswa :
-          Tuliskan apa pendapatmu setelah mendapatkan layanan informasi dan mengikuti kegiatan bimbingan kelompok ini?
20.    Tindak lanjut                                :
Layanan konseling individu bagi siswa yang belum dapat perubahan positif setelah mengikuti kegiatan ini
21.    Catatan khusus                             :
Hal-hal yang penting yang terjadi selama proses kegiatan sehingga dapat menjadi perhatian bagi pembimbing untuk langkag selanjutnya

Mengetahui
                       
                                                                                    Tarakan, 31 Oktober 2013



Kepala Sekolah                                                                                   Guru BK


_____________                                                                               ___________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar