Kamis, 29 Mei 2014

Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling



1.        Tugas Perkembangan                   :
a.       Untuk mengembangkan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhannya
b.      Untuk mengikuti dan melanjutkan pendidikan
2.        Rumusan kompetensi                   :
a.       Mampu belajar secara optimal sehingga dapat menguasai pelajaran lebih lanjut
b.      Mampu melaksanakan kegiatan belajar dengan baik
3.        Materi layanan                             :
a.       Mampu memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
4.        Sub. Materi layanan                     : Cara belajar yang baik dan benar
5.        Bidang bimbingan                        : Belajar
6.        Jenis layanan                                : Bimbingan kelompok dan layanan   informasi
7.        Fungsi layanan                             : Pemahaman dan pemeliharaan
8.        Tujuan layanan                             :
Siswa dapat mengetahui cara belajar yang baik dan benar sehingga siswa dapat memudahkan proses dalam belajarnya dengan baik
9.        Sasaran layanan                            : Siswa kelas XII
10.    Semester/waktu                            : Ganjil/45 menit
11.    Uraian kegiatan                            :
a.       Kegiatan 1      :
a)      Guru pembimbing mengabsen siswa
b)      Guru pembimbing menyiapkan siswa untuk mendapatkan layanan informasi
c)      Guru pembimbing menyampaikan tentang cara belajar yang baik dan benar
b.      Kegiatan 2      :
a)      Setelah mendapatkan layanan informasi, guru pembimbing menyiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
b)      Guru pembimbing menjelaskan jalan diskusi bimbingan kelompok
c)      Salah seorang siswa menyampaikan apa yang dikeluhkan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar
d)     Anggota kelompok yang lain menanggapi masalah yang dikeluhkan tersebut secara bergantian
e)      Guru pembimbing menyampaikan kesimpulan dari hasil diskusi
c.       Kegiatan 3      :
a)      Guru pembimbing memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat dari hasil kegiatan
b)      Siswa menyampaikan pendapatnya tentang apa yang dia dapat selama mengikuti kegiatan
12.    Nilai-nilai yang harus dikembangkan dalam materi
a.       Memahami tentang kelemahan dan kekuatan diri dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah.
13.    Pengembangan diri                      :
a.       Memiliki motivasi belajar yang tinggi terutama dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
b.      Mengembangkan prestasi belajar yang dimilikinya
14.    Sumber belajar                 :
a.       Data nilai siswa
b.      Hasil diskusi dengan guru kelas
c.       Buku
d.      Internet
15.    Metode                                         : Diskusi kelompok
16.    Tempat                                         : Ruang Aula
17.    Penyelenggara                              : Guru pembimbing
18.    Pihak yang terkait                        :
a.       Wali kelas
b.      Guru pembimbing
19.    Penilaian/unsur yang dinilai         : Laijapen
a.       Pemahaman materi
b.      Sharing perasaan yang dialami setelah mengikuti kegiatan layanan
c.       Hasil diskusi dan tugas-tugas yang dikerjakan siswa
Tugas yang dikerjakan siswa :
-          Tuliskan apa pendapatmu setelah mendapatkan layanan informasi dan mengikuti kegiatan bimbingan kelompok ini?
20.    Tindak lanjut                                :
Layanan konseling individu bagi siswa yang belum dapat perubahan positif setelah mengikuti kegiatan ini
21.    Catatan khusus                             :
Hal-hal yang penting yang terjadi selama proses kegiatan sehingga dapat menjadi perhatian bagi pembimbing untuk langkah selanjutnya

Mengetahui
                                                                                    Tarakan, 31 Oktober 2013

Kepala Sekolah                                                                       Guru BK


Sahir Ashari                                                                            Fitri Nashri Ashari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar