Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling
1.
Tugas Perkembangan :
a. Untuk
mengembangkan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhannya
b. Untuk
mengikuti dan melanjutkan pendidikan
2.
Rumusan kompetensi :
a. Mampu
belajar secara optimal sehingga dapat menguasai pelajaran lebih lanjut
b. Mampu
melaksanakan kegiatan belajar dengan baik
3.
Materi layanan :
a.
Mampu memiliki kemampuan untuk
mengembangkan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
4.
Sub. Materi layanan :
Cara belajar yang baik dan benar
5.
Bidang bimbingan :
Belajar
6.
Jenis layanan : Bimbingan kelompok dan layanan informasi
7.
Fungsi layanan :
Pemahaman dan pemeliharaan
8.
Tujuan layanan :
Siswa dapat mengetahui
cara belajar yang baik dan benar sehingga siswa dapat memudahkan proses dalam
belajarnya dengan baik
9.
Sasaran layanan :
Siswa kelas XII
10.
Semester/waktu :
Ganjil/45 menit
11.
Uraian kegiatan :
a.
Kegiatan 1 :
a)
Guru pembimbing mengabsen siswa
b)
Guru pembimbing menyiapkan siswa untuk
mendapatkan layanan informasi
c)
Guru pembimbing menyampaikan tentang cara
belajar yang baik dan benar
b.
Kegiatan 2 :
a)
Setelah mendapatkan layanan informasi,
guru pembimbing menyiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
b)
Guru pembimbing menjelaskan jalan
diskusi bimbingan kelompok
c)
Salah seorang siswa menyampaikan apa
yang dikeluhkan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar
d)
Anggota kelompok yang lain menanggapi
masalah yang dikeluhkan tersebut secara bergantian
e)
Guru pembimbing menyampaikan kesimpulan
dari hasil diskusi
c.
Kegiatan 3 :
a)
Guru pembimbing memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapat dari hasil kegiatan
b)
Siswa menyampaikan pendapatnya tentang
apa yang dia dapat selama mengikuti kegiatan
12.
Nilai-nilai yang harus dikembangkan
dalam materi
a. Memahami
tentang kelemahan dan kekuatan diri dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah
maupun di rumah.
13.
Pengembangan diri :
a.
Memiliki motivasi belajar yang tinggi
terutama dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
b.
Mengembangkan prestasi belajar yang
dimilikinya
14.
Sumber belajar :
a.
Data nilai siswa
b.
Hasil diskusi dengan guru kelas
c.
Buku
d.
Internet
15.
Metode :
Diskusi kelompok
16.
Tempat :
Ruang Aula
17.
Penyelenggara : Guru pembimbing
18.
Pihak yang terkait :
a.
Wali kelas
b.
Guru pembimbing
19.
Penilaian/unsur yang dinilai : Laijapen
a.
Pemahaman materi
b.
Sharing perasaan yang dialami setelah
mengikuti kegiatan layanan
c.
Hasil diskusi dan tugas-tugas yang
dikerjakan siswa
Tugas yang dikerjakan
siswa :
-
Tuliskan apa pendapatmu setelah
mendapatkan layanan informasi dan mengikuti kegiatan bimbingan kelompok ini?
20.
Tindak lanjut :
Layanan konseling
individu bagi siswa yang belum dapat perubahan positif setelah mengikuti
kegiatan ini
21.
Catatan khusus :
Hal-hal yang penting
yang terjadi selama proses kegiatan sehingga dapat menjadi perhatian bagi
pembimbing untuk langkah selanjutnya
Mengetahui
Tarakan,
31 Oktober 2013
Kepala
Sekolah Guru
BK
Sahir
Ashari Fitri
Nashri Ashari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar