Jumat, 07 Maret 2014

Aplikasi instrumen non tes


Aplikasi Instrumen Teknik Konseling Non Tes

Nama              : Fitri Nashri Ashari

NPM               : 11601060067

Semester         : 5

Kelas               : BKS b            


  Pernyataan tentang Minat Belajar Menurut SlametoMenurut Slameto minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati siswa, diperhatikan terus-menerus yang disertai rasa senang dan diperoleh rasa kepuasan. Lebih lanjut dijelaskan minat adalah suatu rasa suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh.Menurut Slameto menjelaskan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.Menurut Slameto siswa yang berminat dalam belajar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:a.       Mempunyai kecenderungan yang tetap untuk untuk memperhatikan dan mengenang sesuatu yang dipelajari secara terus menerusb.      Ada rasa suka dan senang pada sesuatu yang diminati, memperoleh suatu kebanggaan dan kepuasan pada sesuatu yang diminatic.       Ada rasa keterikatan pada sesuatu aktivitas-aktivitas yang diminati, lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya dari pada yang lainnya, serta dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan.Menurut Slameto proses ini berarti menunjukkan pada siswa bagaimana pengetahuan atau kecakapan tertentu mempengaruhi dirinya, melayani tujuan-tujuannya, dan memuaskan kebutuhan-kebutuhannya. Bila siswa menyadari bahwa belajar merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan yang dianggap penting, dan bila siswa melihat bahwa hasil dari pengalaman belajar akan membawa kemajuan pada dirinya, ia akan lebih berminat untuk mempelajarinyaMinat pada dasarnya merupakan penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri, semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minatnya. Pernyataan :Fisik1.      Meskipun saya tidak punya kendaraan saya tetap semangat ke sekolah2.      Saya senang memakai seragam yang rapi ke sekolah
3.      Meskipun tidak punya sepatu baru saya tidak pernah malas ke sekolah
4.      Meskipun tidak diberikan uang jajan saya tetap rajin ke sekolah
5.      Saya senang memakai jam tangan jika pergi ke sekolah
6.      Saya tidak pernah ketinggalan membawa buku
7.      Saya selalu membawa buku setiap hari
8.      Saya membawa catatan setiap hari ke sekolah
9.      Saya selalu membawa alat tulis menulis setiap hari
10.  Saya rajin mencatat setiap hari
 Mental1.      Meskipun jalan ke sekolah saya rusak saya tetap rajin ke sekolah
2.      Saya pergi ke sekolah meskipun hujan
3.      Meskipun jarak sekolah saya jauh saya tidak pernah terlambat ke sekolah
4.      Meskipun saya lagi sedih saya tetap semangat belajar di sekolah
5.      Saya tetap semangat belajar meskipun gurunya galak
6.      Meskipun dimarahi saya tetap rajin belajar
7.      Meskipun cuaca buruk saya tetap semangat belajar
8.      Saya tidak pernah terlambat ke sekolah meskipun jarak ke sekolah jauh
9.      Saya tidak pernah terlambat ke sekolah meskipun hujan
10.  Meskipun jalan rusak saya tidak terlambat ke sekolah
Emosional1.      Materi pembelajaran yang diberikan sangat menarik perhatian2.      Setelah mempelajari pembelajaran ini saya percaya bias menguasai materinya3.      Kualitas tulisannya membuat saya sangat menarik4.      Saya benar-benar senang mempelajari pembelajaran biologi5.      Meskipun pelajarannya sulit saya tidak pernah bosan mempelajarinya
6.      Pelajaran matematika sangat menarik bagi saya
7.      Meskipun gurunya galak saya tetap semangat belajar di kelas
8.      Saya senang ikut menari di sekolah
9.      Saya senang pelajaran olahraga
10.   Pelajaran kesenian yang diberikan membuat saya tertarik dengan pelajarannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar