Jumat, 07 Maret 2014

Pedoman Wawancara


Pedoman wawancara

No.
Variabel
Indikator
Item
1.
Tingkah laku sosial (pada siswa)
a.       Kerja sama dengan orang lain
1


b.      Kemurahan hati
2


c.       Persaingan
3


d.      Hasrat akan penerimaan sosial
4


e.       Simpati
5


f.       Empati
6


g.      Ketergantungan
7


h.      Sikap ramah
8


i.        Sikap tidak mementingkan diri sendiri
9


j.        Meniru
10


k.      Prilaku kelekatan
11


l.        Konformisme
12

Panduan wawancara                        :
1.      Tujuan wawancara      : untuk mengetahui latar belakang tingkah laku sosial siswa
2.      Fokus                          :
Tingkah laku sosial si anak yaitu ia mudah bersosialisasi atau berinteraksi dengan teman sebayanya maupun di lingkungan yang lainnya, karena si anak memiliki karakter yang sangat periang, bersikap ramah, dan sangat terbuka dengan siapapun. Si anak juga sangat senang bergaul, senang membantu antar sesame temannya, dan tidak memilih-milih dalam berteman.
3.       Interview                    :
Nama   klien yaitu O S (inisial)
Siswa SMP kelas 3 di Tarakan
4.      Pelaksana                    :
a.       Hari/tanggal          : Minggu, 5 Januari 2014
b.      Jam                        : 13.00 wita
c.       Kondisi subjek      : Dalam keadaan sehat dan bisa berfikir baik pada saat wawancara


Aspek-aspek              :
1.      Apa yang dilakukan dalam bekerja sama dengan teman sebaya dan alasannya
2.      Ada atau tidaknya untuk berbagi sesuatu dengan anak lain ketika melihat orang lain menderita dan apa alasannya
3.      Apa yang dilakukan dalam menghadapi persaingan dan alasannya
4.      Ada atau tidak hasrat subjek untuk diterima lingkungan  sosial dan alasan yang mendoronganya
5.      Ada atau tidaknya upaya subjek untuk membantu atau menghibur orang lain yang sedang bersedih dan apa tujuannya
6.      Ada atau tidaknya perasaan ikut bersedih ketika melihat temannya bersedih dan apa alasannya
7.      Ada atau tidaknya harapan terhadap bantuan orang lain ketika sedang mengalami kesulitan dan apa alasannya
8.      Ada atau tidaknya upaya melakukan sesuatu untuk atau bersama anak lain dengan mengekspresikan kasih saying dan apa alasannya
9.      Ada atau tidaknya sikap tidak mementingkan diri sendiri dan apa alasannya
10.  Apa yang dilakukan agar diterima secara sosial dan alasannya
11.  Apa yang dilakukan dalam melakukan interaksi yang mengandung peraturan-peraturan dan alasannya
12.  Apa yang dilakukan dalam membina persahabatan dengan anak dan alasannya



Hasil dan pembahasan                      :
a.       Kondisi subjek            :
Kondisi subjek yaitu bersifat baik dan dalam keadaan sehat bisa mengerti pada saat diberikan pertanyaan-pertanyaan dalam pedoman wawancara.
b.      Respon jawaban          :
Respon jawaban dari klien sangat baik, karena klien dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan lancar, sehingga dapat memudahkan dalam proses wawancara tingkah laku sosial siswa.
c.       Analisis interviewer    :
Dari jawaban-jawaban yang diberikan oleh klien, sudah terlihat bahwa si klien sangat mudah mengerti maksud dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan dapat menjawab dengan baik. Dapat dilihat bahwa klien sangat senang dalam bersosialisai karena klien memiliki karakter yang sangat baik dan ramah. Sehingga proses dalam berinteraksi dengan teman sebayanya tidak sulit.

Pedoman wawancara

No.
Variabel
Indikator
Item
1.
Tingkah laku sosial (pada siswa)
a.       Kerja sama dengan orang lain
1


b.      Kemurahan hati
2


c.       Persaingan
3


d.      Hasrat akan penerimaan sosial
4


e.       Simpati
5


f.       Empati
6


g.      Ketergantungan
7


h.      Sikap ramah
8


i.        Sikap tidak mementingkan diri sendiri
9


j.        Meniru
10


k.      Prilaku kelekatan
11


l.        Konformisme
12

Panduan wawancara                        :
1.      Tujuan wawancara      : untuk mengetahui latar belakang tingkah laku sosial siswa
2.      Fokus                          :
Tingkah laku sosial si anak yaitu ia mudah bersosialisasi atau berinteraksi dengan teman sebayanya maupun di lingkungan yang lainnya, karena si anak memiliki karakter yang sangat periang, bersikap ramah, dan sangat terbuka dengan siapapun. Si anak juga sangat senang bergaul, senang membantu antar sesame temannya, dan tidak memilih-milih dalam berteman.
3.       Interview                    :
Nama   klien yaitu O S (inisial)
Siswa SMP kelas 3 di Tarakan
4.      Pelaksana                    :
a.       Hari/tanggal          : Minggu, 5 Januari 2014
b.      Jam                        : 13.00 wita
c.       Kondisi subjek      : Dalam keadaan sehat dan bisa berfikir baik pada saat wawancara


Aspek-aspek              :
1.      Apa yang dilakukan dalam bekerja sama dengan teman sebaya dan alasannya
2.      Ada atau tidaknya untuk berbagi sesuatu dengan anak lain ketika melihat orang lain menderita dan apa alasannya
3.      Apa yang dilakukan dalam menghadapi persaingan dan alasannya
4.      Ada atau tidak hasrat subjek untuk diterima lingkungan  sosial dan alasan yang mendoronganya
5.      Ada atau tidaknya upaya subjek untuk membantu atau menghibur orang lain yang sedang bersedih dan apa tujuannya
6.      Ada atau tidaknya perasaan ikut bersedih ketika melihat temannya bersedih dan apa alasannya
7.      Ada atau tidaknya harapan terhadap bantuan orang lain ketika sedang mengalami kesulitan dan apa alasannya
8.      Ada atau tidaknya upaya melakukan sesuatu untuk atau bersama anak lain dengan mengekspresikan kasih saying dan apa alasannya
9.      Ada atau tidaknya sikap tidak mementingkan diri sendiri dan apa alasannya
10.  Apa yang dilakukan agar diterima secara sosial dan alasannya
11.  Apa yang dilakukan dalam melakukan interaksi yang mengandung peraturan-peraturan dan alasannya
12.  Apa yang dilakukan dalam membina persahabatan dengan anak dan alasannya



Hasil dan pembahasan                      :
a.       Kondisi subjek            :
Kondisi subjek yaitu bersifat baik dan dalam keadaan sehat bisa mengerti pada saat diberikan pertanyaan-pertanyaan dalam pedoman wawancara.
b.      Respon jawaban          :
Respon jawaban dari klien sangat baik, karena klien dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan lancar, sehingga dapat memudahkan dalam proses wawancara tingkah laku sosial siswa.
c.       Analisis interviewer    :
Dari jawaban-jawaban yang diberikan oleh klien, sudah terlihat bahwa si klien sangat mudah mengerti maksud dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan dapat menjawab dengan baik. Dapat dilihat bahwa klien sangat senang dalam bersosialisai karena klien memiliki karakter yang sangat baik dan ramah. Sehingga proses dalam berinteraksi dengan teman sebayanya tidak sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar